Selasa : 20 Oktober 2020

Ada Physical Distancing, Layanan BPJS Kesehatan di Papua Tetap Jalan

08 April 2020 - by Media Kaimana - Leave a Comment

MK-Jakarta, BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor di Papua memberlakukan physical distancing untuk mengantisipasi penyebaran wabah virus Corona atau COVID-19. Hal ini dilakukan agar ada jarak dan tidak kontak langsung dengan peserta JKN-KIS.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor Sukwara mengatakan meskipun ada penerapan physical distancing di kantornya, pihaknya akan tetap memberikan layanan terbaik berdasarkan protokol pencegahan penyebaran virus Corona yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

“Sebagai badan hukum publik, kami tetap membuka layanan untuk melayani masyarakat yang melakukan pengurusan administrasi ke kantor cabang. Karena itu, diperlukan upaya untuk tetap dapat memberikan pelayanan yang terbaik tanpa mengesampingkan perlindungan diri agar terhindar dan memutus rantai penyebaran virus Corona,” ucap Budi dalam keterangan tertulis, Selasa (8/4/2020).

Budi menjelaskan untuk mengantisipasi penyebaran virus tersebut, terdapat beberapa perubahan pada alur pelayanan serta pengalihan beberapa pelayanan administrasi di kantor untuk mengurangi jumlah antrean dan pelayanan tatap muka.

Adapun pelayanan yang diberikan secara langsung saat ini adalah pelayanan bagi peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) meliputi perubahan data peserta seperti identitas, FKTP dan pendaftaran bayi baru lahir, serta pengaduan yang membutuhkan penyelesaian segera.

“Untuk layanan pendaftaran peserta mandiri, penggantian kartu hilang serta perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) non peserta PBI, serta perubahan kelas rawat peserta PBPU dan BP, dapat dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN maupun BPJS Kesehatan Care Center 1500 400,” imbuh Budi.

Sementara itu, Yan Klemens (36), seorang peserta JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah (PPU-PNS) yang sedang mengurus kepesertaan bayi baru lahir di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor, menyampaikan apresiasinya terhadap kesiapan BPJS Kesehatan yang telah menerapkan jarak aman dari antrian sampai meja pelayanan.

“Dengan adanya antisipasi dan jaga jarak yang diterapkan di BPJS Kesehatan membuat saya merasa aman dan peserta lainya ketika berkunjung ke kantor. Sangat bagus penerapan ini, karena bisa mencegah penularan kepada orang lain dan yang sehat jadi tidak mudah tertular. Pelayanannya juga tetap ramah dan sangat bagus,” beber Klemens.(detik.com)

 

 

 

berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *